Apakah Diabetes Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Ini Alasannya


Tidak melulu laki-laki, disfungsi ereksi pun dapat dirasakan oleh perempuan saat hasrat seksualnya tidak terpuaskan. Disfungsi ereksi sendiri dapat ditafsirkan dengan hilangnya hasrat seseorang untuk bersangkutan seksual atau ketidakmampuan seseorang dalam menikmati rangsangan seksual, walau mereka mempunyai hasrat untuk bersangkutan seksual. Apa yang mengakibatkan terjadinya situasi ini?

Diabetes Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Benarkah?


Disfungsi ereksi pada seorang pengidap diabetes terjadi sebab adanya evolusi pada tubuh yang mengakibatkan gangguan pada saraf dan pembuluh darah. Tingginya kadar gula dalam darah bisa merusak faedah alami pembuluh darah, sampai-sampai seseorang tidak bisa ereksi dengan maksimal.

Perlu diketahui bahwa organ penis bukanlah otot. Organ penis sendiri tidak bisa digerakkan secara sengaja saat merasakan ereksi. Ereksi sendiri terjadi sebab adanya evolusi aliran darah pada penis. Ketika terangsang, saraf akan menciptakan pembuluh darah dalam penis melebar, sampai-sampai aliran darah yang masuk akan lebih banyak daripada yang keluar, sampai-sampai organ itu mengeras.

Apakah Diabetes Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi


Pada pengidap diabetes, mereka bakal mempunyai gangguan pada pembuluh darah. Hal tersebut menciptakan darah tidak bisa menetap di dalam penis, sampai-sampai disfungsi ereksi bisa terjadi. Tak melulu pada pengidap diabetes, pengidap desakan darah tinggi dan penyakit jantung pun harus waspada, sebab keduanya mempunyai risiko yang sama guna mengidap disfungsi ereksi.

Disfungsi Ereksi, Apa yang Menjadi Gejalanya?


Gejala yang terlihat pada setiap pengidap akan bertolak belakang yang satu dengan lainnya. Berikut sejumlah gejala umum yang bisa terjadi pada perempuan pengidap disfungsi ereksi:

  • Turun atau hilangnya hasrat bersangkutan intim.

Meskipun dapat dirasakan oleh pria, fenomena yang satu ini lebih sering dirasakan oleh wanita.

  • Gangguan rangsangan seksual.

Kondisi ini terjadi pada pengidap yang masih mempunyai hasrat bersangkutan seksual, tapi paling sulit guna terangsang atau mempertahankannya.

  • Nyeri saat bersangkutan seksual.

Pada situasi ini, pengidap akan merasakan rasa nyeri yang dapat diakibatkan oleh sekian banyak  macam hal, di antaranya vagina kering, otot vagina yang kaku, serta vaginismus yang ditandai dengan mengencangnya otot di unsur vagina saat mengerjakan penetrasi.

  • Mengalami gangguan orgasme.

Kondisi yang satu ini lebih sering dirasakan oleh wanita. Mereka akan kendala mencapai klimaks walau rangsangan dan stimulasi dilaksanakan oleh pasangan secara terus-menerus. Sedangkan pada lelaki pengidap disfungsi ereksi, fenomena yang terlihat meliputi:

  • Turun atau hilangnya hasrat bersangkutan intim.
  • Disfungsi ereksi yang ditandai dengan sulitnya lelaki dalam mengawal penisnya tetap mengeras saat bersangkutan seksual.
  • Mengalami gangguan orgasme.

Berbeda dengan wanita, laki-laki akan merasakan ejakulasi yang terlampau cepat. Kondisi ini dikenal dengan istilah ejakulasi dini. Pria pun dapat memiliki situasi yang sebaliknya.

Memiliki sebanyak gejalanya? Segera temui dokter di lokasi tinggal sakit terdekat dengan menciptakan janji lebih dulu di software Halodoc. Disfungsi ereksi akan menciptakan kesenanganmu terganggu. Hal yang ini bukan sesuatu yang dapat disepelekan, sebab jika tidak dipedulikan begitu saja, kualitas hubungan pasangan dapat saja menurun.

Adakah Langkah Pencegahan?


Bagi pengidap diabetes, selalu simaklah apa yang anda konsumsi guna menurunkan risiko disfungsi ereksi. Tak melulu itu, evolusi gaya hidup dibutuhkan guna mengawal seksualitas supaya tetap berlangsung dengan baik. Berikut hal-hal yang dapat anda lakukan:


  1. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Makanan ini mesti diperkaya dengan serat dan nutrisi beda yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, serta menangkal terjadinya kehancuran pembuluh darah dan saraf.
  2. Jangan konsumsi minuman beralkohol. Jika anda mengonsumsinya lebih dari dua gelas per hari, urusan itu dapat merusak pembuluh darah dan memperparah gangguan ereksi yang dialami.
  3. Berhenti merokok. Pasalnya, mengisap rokok dapat mempersempit pembuluh darah, sampai-sampai aliran darah ke penis menjadi menurun dan memperparah fenomena gangguan ereksi.


Adanya gangguan ketika hubungan seksual sebetulnya hal yang wajar, bila melulu terjadi sesekali. Namun, pengidap diabetes bakal memiliki hal yang lebih tinggi dalam merasakan disfungsi seksual. Bagi mencegahnya, pengidap diabetes perlu mengerjakan pemeriksaan teratur guna menangkal terjadinya komplikasi, salah satunya disfungsi ereksi.